Istilah-istilah Pada Handphone



Istilah / Fitur dan Penjelasannya



Dalam teknologi selular, kita pasti mendengar istilah yang sering diucapkan, mungkin sebagian orang belum tau maksud atau arti dari istilah tersebut. Berikut ini saya coba mengulas nya satu persatu.

1. Abonemen -> Biaya berlangganan yang jumlahnya tetap dan dibayar setiap bulan.

2. Accessories -> Asesoris, perangkat yang menunjang penampilan dan kinerja ponsel, seperti: casing, sarung/ cover ponsel, baterai, charger, headset, handsfree, Anti radiasi dsb.

3. Air Interface -> Wilayah komunikasi radio antara sebuah telepon Seluler dengan base station.

4. Airtime -> Tarif yang ditentukan Operator untuk menagih pemakaian pulsa selain non telepon tetap. Seperti: panggilan ke ponsel, email, fax dsb.

5. AMPS (Advanced Mobile Phone Service) -> Teknologi transmisi nirkabel standard yang dikembangkan pertama kali di USA dan Canada tahun 1980.AMPS beroperasi pada jaringan 800 MHz.

6. ASCII (American Standart Code for Information Interchange) -> Kode yang memakai 7 – 8 bit dan memberikan 256 karakter. Karakter Alphaneumeric ini berbasis 7 bit yang merupakan standart dari informasi data dalam bentuk digital.

7. Antenna -> Antene, penerima sinyal pada ponsel. Antene bisa didalam atau terlihat diluar ponsel.

8. Base Station -> Wilayah yang berisi radio transmisi/ receiver dan peralatan komunikasi jaringan.

9. Battery -> Baterai, Sumber Energi dari ponsel. Terdiri atas berbagai bahan pembuatan. Seperti:dapat diisi ulang (charge).

10. Blank Spot -> Suatu tempat yang tidak terdapat jaringan, sehingga ponsel tidak dapat menerima atau mengirim sinyal.

11. BTS (Base Transceiver Station) -> Stasiun Pancarterima radio,dalam hal jaringan komunikasi.

12. Caller Group -> Grup pemanggil yang dibeda-bedakan, setting melalui icon tertentu atau ringtone pada phonebook. Misal nada panggil dari teman berbeda dengan nada panggil dari keluarga/ kantor dsb.

13. Caller Id -> Fitur yang menampilkan nama/ nomor penelpon pada layar LCD.

14. Call Forwarding ->Mengalihkan panggilan yang dituju dari suatu nomor ke nomor lain sesuai yang dikehendaki

15. Call Register -> Fitur pada ponsel, dapat mendata panggilan masuk, tidak terjawab dan panggilan keluar dapat dilihat. Biasanya masing-masing panggilan dapat mencatat 10 nomor.

17. Car Kit -> Asesoris yang dapat menerima telepon tanpa harus mengangkat handset, khusus saat mobile.

18. Casing -> Asesoris berupa cover, dapat diganti-ganti, dengan beragam model/ motif, sesuai masing-masing type ponsel.

19. CD Software -> CD penunjang untuk mengubah atau menambah isi pada ponsel. Seperti: edit logo, gambar, sms, phonebook, ringtonem dsb.

20. Check Pulsa -> Untuk mengetahui sisa pulsa pada ponsel.

21. Coverage Area -> Wilayah geografis yang jaringannya dicakup oleh Operator selular

22. Duplex -> Transmisi yang mampu melaksanakan 2 arah Chanel , dan jika hal ini berlangsung dalam waktu lama dan bersamaan disebut FULL Duplex

23. Fax/ Data -> Fitur untuk dapat mengirim dan menerima fax atau data, dengan atau tanpa biaya tambahan tergantung operator.

24. GPRS (General Packet Radio Service) ->Fitur ini memungkinkan untuk melakukan browsing internet dan download.

25. Handsfree -> Aksesoris penunjang untuk ponsel, untuk bertelpon tanpa harus memegang handset. Diperlukan saat pengguna beraktifitas seperti berkomputer atau berkendaran

26. Hang -> Keadaan dimana ponsel tiba-tiba mati beberapa saat, kemudian hidup kembali, kemudian mati lagi, dan menyala lagi / output tidak merespon input.

27. Headset -> Aksesoris penunjang pada ponsel untuk berbicara melaui earphone atau handsfree, tanpa harus memegang ponsel.

28. High End -> Tingkatan katagori ponsel yang dijual berdasarkan teknologi dan fitur-fitur termasuk canggih.

29. Headdet -> Detektor Assesoris

30. Hookdet -> Deteksi saklar Handsfree

31. IR T/R dioda -> Transmitt /Receive Infrared sebagai konektivitas

32. Inbox -> Fitur pada layanan SMS, melihat pesan. Pesan masuk secara otomatis dan disimpan dalam inbox

33. International Roaming -> Roaming yang terjadi bila melakukan panggilan atau menerima di luar negara asal.

34. Internet -> Kumpulan jaringan seluruh dunia dan pintu gerbang yang menggunakan protokol TCP/ IP yang berfungsi sebagai jaringan virtual tunggal.

35. Kabel Data -> Kabel yang digunakan untuk menghubungkan ponsel ke PDA atau komputer untuk mentransfer data atau mendownload nada dering, gambar Kabel data dijual satu paket dengan softwarenya, tergantung jenis ponsel yang digunakan.

36. Kartu Garansi -> Kartu jaminan dari vendor sebagai bukti garansi resmi, biasanya masa satu tahun, tanpa cap asli dari perusahaan dan stempel garansi, dinyatakan tidak berlaku.

37. Keypad -> Tombol pencet pada ponsel, berupa angka dan huruf.

38. LCD_ CD -> Control Display melalui serial Bus

39. LCD EN -> Signal chip enable ke display memberikan informasi data yang terkirim melalui serial Bus untuk driver display.

40. LCD (Liquid Crystal Display) -> LCD layer dibuat dari senyawa yang ditempatkan diantara 2 buah kaca/ file. Layarnya memiliki ribuan titik yang memantulkan cahaya untuk membetuk angka, karakter dan huruf. Membutuhkan sedikit energi dan mudah dibaca.

41. LED (Light Emitting Diode) -> Lampu pada ponsel yang menyala saat dibutuhkan atau sebagai tanda akan beragam kondisi.

42. Li- Ion (Lithium Ion) -> Type baterai ponsel Li-Ion beratnya ringan dari baterai terdahulu, waktu pakai yang lebih lama dan tidak menggalami efek memori.

43. Logo Operator -> Logo yang tertera pada layer ponsel, sesuai dengan kartu SIM operator yang di gunakan. Logo dapat diganti dengan cara mendownload melalui layanan telepon atau konter, kios ponsel.

44. Low End -> Tingkatan katagori ponsel yang dijual berdasarkan teknologi dan fitur-fitur yang biasa-biasa saja. Katagori Low End, harganya biasanya berkisar antara 1 juta ke bawah.

45. Mail Box -> Fasilitas dari operator untuk menyimpan pesan, ketika ponsel yang dihubungi sedang tidak aktif atau sibuk.

46. MIDI (Musical Instrument Digital Interface) -> Standart format yang menghubungkan instrument elektronik dengan pemrosesan efek khusus.

47. Matot -> Mati total ! Istilah untuk ponsel yang sudah rusak. Tidak dapat dihidupkan.

48. M-Banking -> Layanan operator bekerja sama dengan BANK tertentu untuk melakukan kegiatan perbankan, seperti mengecek saldo, mentransfer dan mendebet langsung dari rekening, hanya melalui ponsel.

49. MBPS (Mega bit per second) -> Unit frequensi yang setara dengan 1juta hertz atau putaran perdetik.

49. M-Commerce -> Mobile computing, layanan komersial dari operator seluler yang dapat diakses oleh pelanggan.

50. Menu Key -> Menu utama pada ponsel.

51. Messaging -> Pesan singkat berbasis teks.

52. Middle End -> Tingkatan katagori ponsel yang dijual berdasarkan teknologi dan fitur-fitur yang menengah Katagori Middle end, harganya biasanya berkisar antara 1 hingga 3 juta.

53. Missed Call -> Panggilan yang masuk ke ponsel tetapi tidak terjawab.

54. MMS (Multimemedia Messaging Service) ->Pengebangan mutahir dari teknologi messaging yang mampu menggirim pesan dari ponsel ke ponsel lain, berupa text, juga gambar, suara dan video klip. Mengirim dan menerima pesan berisi gambar, animasi, teks dan suara.

55. Mutual Coupler -> Penggandeng silang yang digunakan untuk jalur in-out frekuensi.

56. M BUS -> Master untuk Flashing.

57. Mobile Phone -> Telepon bergerak. Telepon tanpa kabel, yang dapat di bawa-bawa.

58. Monophonic -> Nada dering yang hanya terdiri dari hanya satu instrumen musik.

59. National Roaming ->Roaming yang terjadi bila menelpon berada diluar daerah asal.

60. Network -> Sistem yang dibentuk menyediakan satu atau lebih akses komunikasi antar pemakai ponsel pada wilayah geografis yang berbeda. Jaringan komunikasi ini meliputi suara, teks, data, fax, dan video. Ada akses terbatas (Private Network) dan akses tak terbatas (Public Network) yang akan bersandar pada transmisi analog/ digital tergantung teknologi yang mendukung.

61. Ni-Cad (Nickel Cadmium) -> Jenis Baterai ponsel yang tahan lama, dapat dicharge (isi ulang) dan biasanya bertahan hingga 700 kali charge. Baterai jenis ini harus benar-benar kosong, baru bisa diisi ulang. Jika tidak bisa akan mengurangi masa hidup baterai.

62. NimH, Ni-MH (Nickel Metal Hydride Battery) -> Jenis Baterai ponsel yang lebih kuat dari Bi-Cad. Baik dari kapasitas maupun perfomanya. Harganya juga lebih mahal dari baterai biasa.

63. No Service -> No Network

Indikasi pada layar ponsel yang menyatakan tidak ada sinyal atau jaringan drop, sehingga tidak bisa melakukan atau menerima panggilan.

64. Off peak -> Waku diluar Jam sibuk kantor, biasanya antara jam 23:00 malam hingga 06:59 pagi. Tarif yang dikenakan operator lebih murah.

65. Operator -> Perusahaan telekomunikasi yang menyediakan jenis jaringan fixed line/ celullar. Di Indonesia Operator Seluler adalah: Telkomsel, Satelindo, Excelcom, Indosat, Mobile8, Bakrie Telecom, dll.

66. Out CP -> Output PLL Charge Pump.

67. Out box Folder-> tempat menyimpan pesan-pesan yang sudah ditulis/ dikirim.

68. Osc_div out -> Referensi output pembagi13 Mhz

69. OUT G TX -> Penyeimbang GSM TX signal dari RF dan GSM TX Balun.

70. Outgoing Call -> Semua panggilan keluar yang tercetak pada call register.

71. Pascabayar -> Kartu SIM berlangganan yang pembayarannya secara periodik. Pemakaian pulsa dihitung setelah dipergunakan untuk masa 1 bulan ditambah PPN, tanpa atau dengan biaya abonemen.

72. Password -> Kode alfanumerik yang diminta untuk dapat membuka ponsel/ Kartu SIM.

73. PC (Personal Computer) -> Komputer personal berbasis Windows- Pentium, umumnya desk top/ tetap diatas meja. Terdiri dari CPU, Monitor, Keybord dan Mouse.

74. Peak -> Waktu jam sibuk kantor, biasanya antara jam 07.00 Pagi hingga 22.59 malam. Tarif yang dikenakan operator lebih mahal.

75. Pending -> Status report pada SMS pengirim yang menyatakan bahwa pesan yang dikirim tertunda atau belum diterima. Dapat terjadi akibat ponsel penerima mati atau berada diluar jangkauan.

76. Phone Book -> Fasilitas penyimpanan daftar nama berserta nomer telepon pada ponsel atau kartu SIM.

77. Phone Lock -> Security Code untuk memproteksi headset, bila diaktifkan, setelah mematikan ponsel, untuk dapat menggunakannya kembali harus menginput kode phone code. Biasanya terdiri dari 6 digit.

78. Phone Book -> Kapasitas menyimpan data nomor telepon di Ponsel maupun di Kartu SIM ( 100 – 250 nomor).

79. Polyponic -> Nada dering yang dimainkan oleh lebih dari 1 instrumen musik secara bersamaan, sehingga nada yang terdengar lebih meriah dan merupakan lagu.

80. Pra Bayar -> (Prepaid) Kartu SIM tidak berlangganan, yang membayar dulu sejumlah nilai pulsa tertentu, baru menggunakan pulsa yang senilai dengan voucher yang dibayar atau hingga masa berlaku habis.

81. Program -> Program atau disebut software atau aplikasi, menggunakan bahasa computer yang memberitahu kepada computer/ ponsel apa dan bagaimana yang harus dilakukan.

PSTN (Public Switch Telephone Network) -> Jaringan telepon public/ umum yang masih menggunakan kabel dan telepon tetap.

82. PUK(Personal Unblocking Code) -> Kode untuk membuka kartu SIM yang blockir akibat salah memasukan kode PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.

83. RF Detector -> Transistor yang mendeteksi kuat lemahnya signal penerimaan

84. RF Amp -> yang menyangga signal penguatan

85. Row & col -> jalur scan matrix keyboard

86. Received Call -> Panggilan masuk yang diterima, biasanya dapat menampung 10 nomor panggilan.

87. Ringtone -> Suara dari ponsel yang menjadi tanda/sebuah panggilan masuk atau pesan. Beberapa ponsel ada fitur kompose ringtone, bisa membuat sendiri, dan bisa juga mendownload. Dibagi 2 jenis, lihat Monophonic dan Polyphonic

88. Roaming -> Saat menerima atau melakukan panggilan di/ dari luar daerah asal, biasanya dibebani biaya tambahan sebagai beban roaming.

89. Satellite phone -> Telepon yang melakukan hubungan melalui Satelit komunikasi. Sambungan ini tidak ada gangguan dan bisa mencapai daerah terpencil dimanapun, tapi harganya sangat mahal.

90. Screensaver -> Animasi atau gambar yang akan muncul pada layer, setelah ponsel didiamkan beberapa saat (sesuai waktu yang diset).

91. Second -> Istilah untuk ponsel bekas, tapi masih diperjualbelikan dan harganya bersaing.

92. Security Code -> Kode rahasia untuk keamanan, mencegah adanya perubahan yang tidak dikehendaki.

93. Sent Item -> Folder pada Message yang berisi kumpulan pesan yang telah dikirim.

94. Service area -> Geografis yang memiliki cakupan layanan jaringan. Sama seperti coverage area.

95. Service center -> Nomor pada masing-masing provider, untuk dapat mengirim sms, harus mengeset nomer service center dari message setting

96. S GND -> Jalur bias mic & Earpice saat handsfree terhubung

97. Signal -> Mengindentifikasi ada tidaknya cakupan jaringan operator. Jika sinyal kosong, maka sambungan akan terputus.

98. SIM Card (Subcriber Indentity Module) -> Kartu chip yang berukuran kecil dan mempunyai nomer yang unik sebagai identitas pada jaringan. Tanpa kartu SIM, ponsel berbasis GSM tidak akan bisa digunakan. Kartu ini juga dapat menyimpan nomer telepon dan pesan SMS.

99. SIM card Slot -> Tempat memasukkan kartu SIM pada ponsel.

100. SLJJ(Sambungan Layanan Jarak Jauh) -> , Panggilan telepon ke luar daerah asal.

101. Smartphone -> Ponsel pintar yaitu kombinasi antara ponsel dan PDA, sudah dilengkapi dengan organiser, built in camera dan dapat mengakses internet.

102. SMS(Short Messanging Service) -> Generasi Messanging pertama, masih berupa text. Maksimal 160 karakter dalam satu kali pengiriman. Sebelum melakukan pengiriman SMS, harus di set SMS centernya. Dikirimkan melalui signalling channel, sehingga tetap akan diterima walaupun sedang melakukan panggilan suara dan akses data.

103. SMS (Short Massage System) -> Pesan Singkat; Mengirim dan menerima pesan bentuk teks antar ponsel, baik ke atau dari sesama pengguna satu operator, maupun ke dan dari bukan operator yang sama. Dapat disimpan hingga kapasitas 30an SMS.

104. SMS Gateway -> Alat untuk mengatur dan menerima SMS dalam jumlah besar.

105. Softkey -> Tombol tepat dibawah layar ponsel. Biasanya mempunyai fungsi special.

106. Software -> Program penunjang yang bisa diinstal pada ponsel. Program ini bisa berupa games, office tools, untuk kamera, mengedit gambar dll.

107. Speaker Phone -> Sebuah alat speaker pada ponsel yang fungsinya dapat bertelepon tanpa harus mengangkat ponsel dan mendekatkan ke telinga.

108. Standby Time -> Waktu tunggu ponsel diukur saat baterai dalam keadaan penuh terisi sampai kosong.

109. SHF (Super High Frekuensi) -> 300- 30.000 MHz untuk Radar relai gelombang mikro dan komunikasi jarak pendek.

110. Status Report -> Status untuk pengiriman pesan. Apakah pesan berhasil dikirim, tertunda atau gagal.

111. T9 -> Text input Fitur yang dibuat pada banyak ponsel memperbolehkan hanya memencet per huruf ketika sedang memasukkan tulisan.

112. Talk time -> Waktu yang diukur sejak baterai dalam keadaan penuh, dan berbicara melalui ponsel nonstop baterai habis.

113. Tarif -> Beban biaya untuk pemakaian pulsa oleh operator, biasanya satuan tarif berubah – ubah.

114. Telecommunications -> Komunikasi yang diproses dari pengiriman pesan pada receiver dengan media gelombang elektromagnetik.

115. TX VGSM -> Seleksi mode TX GSM di PA dan di RX / TX switch

116. TX VPCN -> Seleksi mode TX PCN

117. Terminal -> Sistem yang dikontrol oleh computer yang menerima panggilan dari jaringan pemancar menggunakan sinyal pager.

118. Transmitter -> Alat untuk menghasilkan gelombang radio dan mengirimkan ke antenna.

119. Travel Charger -> Pengisi energi baterai yang bisa dibawa-bawa. Tidak perlu mencopot batere untuk mencharge.

120. TT (Tukar Tambah) -> Istilah dalam transsaksi jual beli yaitu ponsel baru ditukar dengan ponsel lama dengan menambah sejumlah uang.

121. VAS (Value Addes Services) -> Layanan yang diberikan oleh operator selular berupa SMS yang menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan, dapat berupa layanan hiburan, ekonomi, berita atau perbankan.

122. Vibrating Alert -> Tanda getar yang terdapat pada rata-rata ponsel saat menerima panggilan. Tanda pengganti nada panggil suara, berguna dalam kondisi rapat atau saat tidak dibolehkan membunyikan ponsel atau saat ramai.

123. Virus -> Bagian dari computer yang terinstall bisa melalui disket atau internet atau dari ponsel. Dapat merusak file, menghilangkan atau mematikan system.

124. Voice Mail -> Kotak suara yang disediakan oleh operator, sebagai alat perekam pesan ketika nomor telepon yang dihubungi sedang sibuk atau tidak aktif.

125. Voice Memo / Record -> Fasilitas perekan suara pada ponsel.

126. Voucher Isi Ulang -> Pulsa isi ulang layanan prabaya, dapat berupa voucher fisik, berupa kartu berukuran sebesar kartu kredit dan voucher elektronik.

127. Wallpaper -> Tampilan gambar pada layar ponsel yang bisa diubah- ubah sesuai keinginan, tergantung gambar yang tersimpan dalam ponsel. Gambar bisa didownload, jika ada fasilitasnya.

128. WAP (Wireless Application Protocol) -> Standard terbuka perangkat protokol komunikasi yang memungkinkan perangkat nirkabel seperti ponsel atau pemancar radio bisa mengakses ke internet berdasarkan.

129. W-CDMA (Wideband Code Division Multiple Access) -> Perkembangan dari CDMA. Teknologi nirkabel generasi ketiga yang sedang dalam perkembangan yang nanti transmisi akan lebih cepat, kualitas data transmisi lebih bagus. W-CDMA melakukan transmisi data nirkabel dalam jarak frekuensi yang luas.

130. Wi-Fi (Wireless Fidelity) -> Teknologi berinternet yang dipancarkan oleh gelombang radio dalam jarak  100m.

131. Wireless -> Komunikasi tanpa kabel, tanpa perantara. Menggunakan gelombang radio, yang ditransmisikan oleh hardware tertentu.

132. 16 Polyphonic -> Nada dering yang dihasilkan oleh 16 instrumen musik yang dimainkan secara bersamaan.

133. 2 G (2nd Generation) -> Generasi kedua dari jaringan nirkabel yang punya variasi bermacam protokol seperti GSM, CDMA, TDMA,iDEN and PDC.

134. 3 G -> Generasi lanjutan dari applikasi nirkabel. Mewakili pindahan dari komunikasi circuit switched. (Dimana terkoneksi harus men-dial kejaringan terlebih dahulu) ke koneksi cepat dan jaringan nirkabel berbasis paket yang selalu on) (GPRS).

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

468x60

shopping

Entri Populer

 
Copyright © DeLniTricK's bLoG